Pentingnya Pohon dalam Menghentikan Pemanasan Global

Kebanyakan orang pernah mendengar bahwa menanam pohon bermanfaat bagi ekologi, tetapi tidak semua orang pernah mendengarnya. Untuk menyatakan pentingnya pohon dalam memiliki atmosfer yang sehat secara sederhana, pohon menyimpan karbon dalam bentuk padat, yang sebagian besar dihilangkannya dari atmosfer.

Pohon, seperti halnya semua tanaman, memperoleh karbon untuk pertumbuhan dari udara, dengan mengambil molekul karbon dioksida. Setelah karbon dihilangkan, oksigen dilepaskan kembali ke atmosfer. Proses ini tidak hanya menghilangkan Bibit pohon bidara gas rumah kaca, tetapi mengisi kembali oksigen atmosfer yang begitu vital bagi kehidupan manusia dan hewan.

Setelah pohon berasimilasi dengan karbon, sebagian besar karbon menjadi bagian dari kayu, sementara sebagian masuk ke dalam daun. Karbon di daun dan ranting membusuk setelah jatuh. Sebagian karbon dari bagian pohon yang jatuh memperkaya bumi, dan menjadi tanah subur bagi tumbuh-tumbuhan lainnya, tetapi beberapa memang melarikan diri kembali ke atmosfer sebagai gas rumah kaca.

Menghapus pohon menyebabkan berhentinya kemampuannya untuk menghilangkan karbon dioksida dari udara. Sekalipun pohon ditebang untuk kayu, bahan limbahnya bisa dibakar atau dibiarkan membusuk, di mana karbon bergabung dengan oksigen dan sekali lagi menambah kandungan karbon dioksida atmosfer. Bahkan jika produk limbah digunakan untuk beberapa produk lain, akar pohon yang dihilangkan akan membusuk.

Di daerah tropis, hutan hujan dihilangkan secara teratur. Deforestasi tropis bahkan lebih parah dari masalah menebang hutan di tempat lain. Di hutan hujan pohon ditebang untuk kayu yang dapat digunakan, tetapi vegetasi lain dapat dihilangkan dan dibakar untuk memungkinkan akses. Untuk membuat masalahnya semakin parah, vegetasi hutan hujan yang rimbun, dengan jatuhnya bahan organik selama bertahun-tahun, menyebabkan lapisan tebal bahan organik di bumi. Kepadatan pohon mencegah sinar matahari mencapai tanah, karenanya dekomposisi adalah proses yang lambat. Namun, setelah deforestasi, sinar matahari dan curah hujan mencapai bahan organik dan mempercepat dekomposisi, menghasilkan pengembalian karbon yang lebih cepat ke atmosfer.

Pada tingkat individu, penanaman pohon dapat mencapai pembersihan udara karbon dioksida. Ini mungkin manfaat kecil secara individual, tetapi banyak orang menanam satu pohon, manfaatnya diperbesar.

Tidak semua orang bisa menanam pohon. Beberapa orang tinggal di apartemen dan tidak punya tempat untuk menanam. Yang lain mungkin tinggal di daerah badai di mana menanam pohon dapat membahayakan rumah mereka. Tapi semua orang bisa membantu. Ada layanan yang, dengan biaya nominal, akan menanam pohon di lokasi yang dapat berkembang. Layanan ini dapat diberikan atas nama siapa pun dengan dikenakan biaya. Kebutuhan mereka untuk mengenakan biaya untuk layanan ini dapat dimengerti. Mereka harus mendapatkan tanah, membeli bibit, dan menyediakan tenaga kerja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *